Rabu, 19 Januari 2011

Kehilangan 'Dia'

Peraduan 28 November 2010
Sejak 20 November 2010, tepat 3 hari setelah lebaran Idul Adha, si A yang hampir 3 tahun menemani hari-hariku dalam menyelesaikan studi S1 ku telah dimiliki orang lain. Sejak hari itu, aku seperti kehilangan sesuatu yang sangat berjasa dalam perjalananku selama ini. Betapa tidak, pagi, siang, sore, malam bahkan subuh dia dengan sabar menemaniku, menerima hardikan jemariku. Kesetiaanya, loyalitasnya dia tunjukkan padaku. Keluhnya tak pernah kudengar. Lelah pasti menderanya, dan dia pasti sangat ingin beristirahat karena selama ini aku telah memvorsirnya demi kepentinganku.
Aku memang egois. Aku tahu A sangat lelah. Berkali-kali dia pingsan saat menemaniku. Kuistirahatkan dia sejenak, tapi tak lama setelah ia sadar, aku kembali mengajaknya bekerja. Sebenarnya tak tega melihat kondisinya. Tapi, aku juga harus menyelesaikan tugasku tepat waktu. Kalau tidak, keluargaku taruhannya. Ultimatu telah kuterima dari ayah dan bunda. Tentu aku tak ingin tak mau mengecewakan keduanya. Tapi, aku juga benar-benar tak tega melihat kondisi A saat ini. Rasa bersalah menyergapku.
Semua itu kini telah berakhir. Karena A tak lagi bersamaku. A telah jauh dnariku. Dia tak menemani hari-hariku lagi. Baru kusadari bahwa keberadaanya disampingku selama ini sanggatlah berharga. Banyak karya yang kuhasilkan bersamanya. Terakhir aku berhasil menyelesaikan tulisan kisah perjalanan riset wisata dari Parit Banjar, Kakap. Setelah itu, kebersamaanku bersamanya berakhir.
Maaf A, jika selama bersamaku banyak derita yang kau rasakan dibandingkan kebahagiaan. Maaf tak bisa merawatmu dengan baik. Hingga virus-virus membuatmu tak sadarkan diri. Kau bagian dari sejarah penting dalam perjalananku. Gelar yang kusandang, berkat jasamu. Kau menemaniku dalam membuat skripsi. Jasamu tak terkira. Ucapan terimakasih tak sepadan dengan semua yang telah kau berikan padaku. Tapi, kurelakan kau tenang bersamanya. Tak akan kulupakan semua yang telah kita lalui bersama. Akan kurawat baik-baik kenangan itu dalam memoriku. Jasamu akan selalu kukenang, note book ASUS sahabatku....
Minggu malam, 22.38. Pontianak, Kalimantan Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar